Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bojongsari Depok Resmi Dilantik

Menyusul setelah dilantiknya tiga ranting di Bojongsari, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Bojongsari resmi dilantik oleh Pimpinan daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Depok di Aula Masjid Yayasan Al-Hasra Bojongsari, Ahad (12/06/2022). Acara ini mengusung tema “Memajukan Bojongsari dan Mencerahkan Semesta” dengan dihadiri oleh Camat Bojongsari, Lurah se Kecamatan Bojongsari, MUI, Majelis Wali Cabang (MWC), Nahdhatul Ulama dan anggota serta simpatisan Muhammadiyah se-Bojongsari.


Ketua Panitia pada kegiatan kali ini, Dr. Jaja Nurjanah, M.A. mengatakan, tema yang diusung dalam acara ini bukanlah suatu yang mustahil. Mengingat jika kita melihat sejarah, K.H. Ahmad Dahlan dulu pun ketika Muhammadiyah dibentuk hanyalah dalam skala lokal. “Tetapi kini kita dapat saksikan, Muhammadiyah menyebar tidak hanya di tanah air, bahkan di lebih 20 negara telah lahir Muhammadiyah dalam bentuk cabang istimewa,” katanya.

Setelah dilantik sebagai ketua PCM Bojongsari, Dr. Zamah Sari dalam sambutannya mengemukakan pentingnya pendirian Cabang dan ranting ini, mengingat masih timpangnya jumlah ranting dan cabang Muhammadiyah yang ada di Indonesia jika dibandingkan dengan jumlah kecamatan dan desa yang ada di Indonesia. “Dari 6000an jumlah kecamatan yang ada di Indonesia, baru 3000an kecamatan yang ada PCM nya. Sementara untuk jumlah ranting lebih kecil lagi,” ungkapnya. Selain itu, Dia menuturkan betapa pentingnya kerja sama dengan masing-masing organisasi keagamaan, baik dengan NU, MUI, bahkan organisasi keagamaan yang terafiliasi dengan Non- Islam yang ada di Bojongsari. Di samping itu, Lanjut Dia, tentu juga membangun komunikasi yang erat dengan pemerintah Kecamatan Bojongsari dan kelurahan-kelurahan yang ada sangat diperlukan. “Dengan terbangunnya kerja sama yang baik ini, maka akan memudahkan organisasi kita untuk menjalankan peran-peran yang strategis demi memajukan Bojongsari dalam konteks amar ma’ruf nahi munkar,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Bojongsari dalam sambutannya menjelaskan, Bojongsari yang memiliki Visi Terwujudnya Kecamatan Bojongsari Sebagai pusat perekonomian baru di kota Depok yang Unggul Nyaman Dan Religius, Tentu menyambut gembira kehadiran Muhammadiyah Bojongsari. “Karena dengan hadirnya oraganisasi ini maka akan memberikan kontribusi positif dalam pembangunan di kecamatan Bojongsari,” imbuhnya.

Selanjutnya, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Depok, KH. Idrus Yahya dalam sambutannya menekankan pentingnya kekompakan dalam mengemban amanah sebagai pimpinan persyarikatan. “Kunci sukses dalam mengelola Muhammadiyah itu hanya ada tiga kata, yaitu yang pertama kompak, kedua kompak, dan ketiga, kompak,” tegasnya.


Acara Pelantikan ini ditutup dengan amanat yang disampaikan oleh ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM), K.H. Suhada. Dia mendorong agar cabang yang baru berdiri ini memanfaatkan seluruh potensi yang ada di Bojongsari, sehingga menjadi kekuatan dakwah yang melingkupi segala bidang, baik keagamaan, sosial, dan terlebih lagi ekonomi. KH Suhada memberi contoh, cabang Suka Jadi Bandung yang kini memiliki lahan dan banguna produktif di kota Bandung, telah menghasilakan ratusan juta perbulannya, baik dari ruko, guest house, maupun food court. Dengan melihat potensi pimpinan yang dilantik hari ini, saya optimis cabang Muhammadiyah Bojongsari pun akan bisa seperti Cabang Suka Jadi,” harapnya.

Seperti diketahui, PCM Bojongsari sendiri diinisiasi oleh warga Bojongsari yang dimotori oleh Dr. Zamah Sari, M.Ag., Dr. Jaja Nurjanah, M.A., dan Ir. Sularno, M.Si. Meski dinisiasi beberapa tahun yang lalu, namun baru dapat terealisasi di tahun 2022 ini. Akselerasi pendirian ranting dan cabang Muhammadiyah di Bojongsari ini, tidak lepas dari peran Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting (LPCR) PDM Depok, yang dimotori oleh Sulung Hawari dan Sanuri Abdul Latif. Dalam kesempatan ini, ranting-ranting telah memilih Dr. Zamah Sari sebagai ketua dan Dr. Jaja Nurjanah, M.A., sebagai sekretaris PCM Bojongsari untuk periode 2022-2023 (periode sampai dengan Muktamar ke 48) nanti.